Selasa, 20 April 2010

KEMAMPUAN MENJALANI PERKULIAHAN SECARA EFEKTIF

A. Maksud dan tujuan

Dalam mengikuti kuliah bukanlah kegiatan yang dapat diartikan sebagai sekedar adir dalam ruangan kuliah, tetapi merupakan serangkaian aktifitas yang menuntut penumbuhan sikap yang positif, pemilikan sejumlah informasi dan keterampilan yang memadai, baik sebelum dan setelah kuliah tersebut berlangsung.

Resume inid imaksudkan untuk dapat membantu mahasiswa memahami dan menerapkan berbagai sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam mengikuti kuliah. Dengan demikian mahasiswa akan menjadi aktif pada setiap kuliah yang dijalaninya dan pada akhirnya dapat meraih hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

B. Masalah dan Harapan

1. Masalah

Masalah yang sering muncul dalam menjalani perkuliahana dalah :

a. Mengalami kesulitan dalam mempersiapkan kondisi fisik dan psikis

b. Tidak mempersiapkan bahan, dan peralatan kuliah

c. Tidak hadir dalam kuliah ataus erring absent

d. Memilih tempat duduk yang tidak strategis dalam ruang kuliah

e. Tidak atau sukar bertanya dalam perkuliahan

f. Tidak mengemukakan pendapat dalam perkuliahan

g. Mudah terpengaruh oleh keadaan di sekitar atau di luar ruang kuliah

h. Banyak materi perkuliahan yang tidak dikuasai

i. Catatan perkuliahan tidak lengkap

j. Tidak menindak lanjuti perkuliahan

k. Mengalami kesulitan dalam membuat karya tulis dan tugas-tugas

2. Harapan

Mahasiswa dituntut mampu mempersiapkan diri, keterampilan dan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan perkuliahan. Keadaan yang diharapkan dari mahasiswa adalah sebagai berikut :

a. Mempersiapkan kondisi fisik dan psikis untuk kuliah

b. Mempersiapkan diri semua bahan dan peralatan perkuliahan

c. Hadir pada semua acara perkuliahan tetap muka

d. Memilih tempat duduk yang strategis dalam ruang kuliah

e. Mampu bertanya dalam perkuliahan

f. Mampu mengemukakan pendapat dalam perkuliahan

g. Mampu mengatasi pengaruh yang mengganggu dari keadaan di sekitar ruang kuliah

h. Menguasai materi perkuliahan secara penuh

i. Mempunyai catatan perkuliahan yang lengkap

j. Menindaklanjuti perkuliahan yang sudah diikuti

k. Menyelesaikan karya tulis dan tugas-tugas lain secara baik dan benar

C. Keterampilan Menjalani Kuliah

Diagram menjalani kuliah adalah sebagai berikut :





















Kesemua kegiatan dan / atau keterampilan tersebut di atas pada dasarnya bertujuan agar mahasiswa mampu memahami secara tuntas apa yang diperbolehkan sewaktu kegiatan tatap muka dengan dosen.

Berhubungan dengan bagaimana berbagai kegiatan dan keterampilan dalam menjalani kuliah yang disebutkan dapat dikuasai dan dipraktekkan oleh mahasiswa. Berbagai pedoman dan latihan berkenaan dengan kegiatan dan keterampilan itu akan dikemukakan pada uraian berikut ini. Mahasiswa diminta untuk mempelajari pedoman-pedoman yang dimaksudkan dan mempraktekkan latihan-latihan yang disediakan.

1. Sikap Terhadap Perkuliahan

Mahasiswa dituntut untuk dapat mengembangkan sikap dan pandangan yang positif terhadap perkuliahan yang dijalaninya. Sejumlah sikap dan pandangan positif yang mestinya dipupuk mahasiswa dalam mengikuti kuliahnya adalah sebagai berikut :

a. Persepsi yang positif terhadap program studi

Sikap dan pandangan positif akan mendorongnya untuk mencintai program studi yang dimaksudkan sehingga membawa dampak-dampak yang menguntungkan terhadap aktifitas belajarnya di situ.

Persepsi positif yang dimiliki mahasiswa tentang program studinya pada gilirannya akan dapat mempengaruhi cita-citanya, motivasi dan minatnya dalam belajar dan terhadap ke semua aktifitas yang berlangsung dalam program studi tersebut akan mudah berkembang bila mana mahasiswa memasuki program studi yang bersangkutan didasarkan atas bakat, minat dan kemampuannya dan tidak atas dasar asal lulus, atau terpaksa oleh lingkungan di luar dirinya.

Namun ada mahasiswa yang pada mulanya merasa terpaksa atau tidak berminat terhadap program studi yang diambilnya, mahasiswa yang bersangkutan perlu menyadari bahwa sikap, minat dan persepsi yang dimilikinya sekarang dapat diubah, dibentuk dan diarahkan ke arah yang lebih positif. Mahasiswa tersebut pula belajar terus-menerus mencintai program studi yang dimasukinya itu dengan cara mengumpulkan berbagai informasi sehubungan dengan program studi yang digelutinya itu.

b. Sikap dan pandangan yang positif terhadap kehadiran dalam kuliah

Adalah keliru apabila mahasiswa berpendirian bahwa tidak hadir dalam kuliah adalah tidak apa-apa dan meminjam catatan atau bertanya kepada teman adalah jalan keluar terhadap ketidakhadiran tersebut.

Sikap positif yang perlu dikembangkan terhadap kehadiran perkuliahan adalah :

1) Tanamkan dalam diri bahwa perkuliahan itu adalah sangat penting bagi kelanjutan studi anda

2) Berupaya mencari berbagai keterangan tentang sifat dan hakekat perkuliahan yang akan anda ikuti.

c. Sikap dan pandangan terhadap dosen

Dosen adalah sumber yang sangat penting dalam perkuliahan. Oleh sebab itu adalah semestinya anda mempunyai sikap dan pandangan yang positif terhadap dosen yang mengajar anda.

d. Sikap dan pandangan yang positif terhadap bahan dan fasilitas perkuliahan

Berbagai bahan dan fasilitas perkuliahan seperti buku-buku sumber, jurnal, hand out, laboratorium dan perpustakaan adalah sumber-sumber yang dapat membantu anda memahami dan menguasasi materi kuliah yang diberikan oleh dosen. Pemahaman yang baik akan kegunaan berbagai bahan dan fasilitas yang dimaksudkan akan mendorong anda untuk memanfaatkan berbagai bahan dan fasilitas itu dengan sebaik-baiknya.

2. Menyiapkan diri mengikuti kuliah

a. Persiapan materi kuliah

Antara lain adalah dengan cara :

1) Membaca kembali catatan berkenaan dengan mata kuliah yang anda ikuti minggu sebelumnya. Apakah anda masih cukup paham ? Adakah yang tidak mengerti? Kalau ya, tanyakan kepada teman dan atau dosen.

2) Membaca bahan, dan berupaya menemukan kaitan bahan kuliah sebelumnya itu dengan bahan yang akan diberikan besok.

Anda dapat membuat pertanyaan-pertanyaan setidak-tidaknya tentang apa, mengapa, untuk apa dan bagaimana materi tersebut.

Contoh, besok perkuliahan dibahas materi pengertian, tujuan, dan fungsi bimbingan dan konseling. Berkenaan dengan pokok bahasan ini beberapa pertanyaan yang terlebih dahulu dapat diajukan adalah sebagai berikut :

§ Apa yang dimaksud dengan bimbingan dan konseling ?

§ Mengapa bimbingan dan konseling perlu dipelajari ?

§ Untuk apa mempelajari bimbingan dan konseling ? Untuk siapa saja? Kapankah diselenggarakan ?

§ Dan lain-lain

b. Persiapan fisik

Selanjutnya kesehatan dan kesegaran fisik akan membantu anda untuk mengemukakan ide-ide yang bagus berkenaan dengan topik yang dibahas itu.

Untuk dapat menjaga kesehatan dan kesegaran fisik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

§ Biasakan anda tidur secara cukup sebelum mengikuti kuliah esok harinya

§ Upayakan memakan makanan yang bergizi setiap hari

§ Biasakan melakukan olah raga secara teratur

§ Hindari merokok, minum alkohol dan sejenisnya

3. Mengikuti Kuliah

Untuk sampai pada tujuan yang hendak dicapai dalam mengikuti perkuliahan sejumlah pedoman dapat dijadikan penduan dalam setiap kali mengikuti perkuliaha, yaitu :

1) Memilih tempat duduk dalam ruang kuliah

2) Mencatat materi perkuliahan

3) Bertanya dan menjawab

4) Mengemukakan pendapat, dan

5) Berupaya menghindari diri dari berbagai pengaruh yang mengganggu konsentrasi belajar

4. Menindaklanjuti Materi Perkuliahan

Tujuan dari penerapan kegiatan dan keterampilan ini adalah untuk menindaklanjuti materi-materi perkuliahan yang diperoleh sewaktu mengikuti kuliah bersama dosen. Dalam rangka menindaklanjuti materi perkuliahan tersebut setidak-tidaknya ada tiga jenis kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yaitu :

a. Menggunakan kartu

Dalam kartu yang anda buat anda dapat menulis secara berurutan mulai dari pengertian motivasi, jenis dan faktor yang mempengaruhi, sampai pada beberapa cara motivasi, jenis dan faktor yang mempengaruhi, sampai pada beberapa cara memotivasi orang. Bagian yang ditulis dalam kartu adalah bagian pokok saja, sebab fungsinya adalah untuk memanggil ingatan anda pada materi yang sudah anda pelajari itu, atau untuk menemukan pemahaman yang lebih sempurna pada sumber-sumber lain.

Dalam hal ini anda berupaya untuk menggunakan hasil belajar tidak semata-mata untuk menghadapi ujian, melainkan juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya apabila anda belajar tentang teknik berkomunikasi antar pribadi, maka teknik-teknik tersebut anda coba dalam setiap kali berkomunikasi dengan orang lain, tanpa orang lain itu mengetahui bahwa anda sedang mencobakan teknik tersebut.

b. Diskusi dengan teman

Berdiskusi dengan teman tentang apa yang telah dikuliahkan merupakan kegiatan pasca kuliah yang amat penting. Ini bertujuan untuk saling mengecek, melengkapi, dan memperkaya materi pokok yang diperoleh sewaktu kuliah tatap muka dengan dosen. Melalui diskusi dengan teman-teman anda dapa saling bertukar pikiran dalam rangka meningkatkan pemahaman anda tentang berbagai isu yang dibahas dalam kuliah. Bila ada yang ketinggalan dalam mencatat pokok-pokok penting, kekurangan catatan itu dapat dilengkapi. Bila anda tidak memahami materi yang disajikan, diskusi dengan teman-teman akan memudahkan anda memahami materi yang dimaksudkan. Bahkan dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan anda tentang materi yang dibahas sewaktu kuliah.

c. Mencuri sumber lain

Sumber-sumber yang dapa dimanfaatkan setelah mengikuti kuliah antara lain adalah : buku, jurnal, film, peta, majalan, acara-acara TV, laboratorium, internet dan lain-lain sebagainya. Sumber-sumber tersebut berisi uraian dan penjelasan yang kadang-kadang lebih lengkap dan terperinci dari pada apa yang diterima sewaktu mengikuti kuliah.



Oleh : Gunawan (Semester 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar