Senin, 31 Mei 2010

GURU BK Urusannya Tak Cuma Siswa Nakal Saja


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Banyak guru bimbingan dan konseling yang dasar ilmunya tidak sesuai dengan ilmu yang telah diambil sebelumnya. Akibatnya, guru bimbingan dan konseling kerap tidak memahami yang harus dilakukannya.

Demikian diungkapkan pengamat pendidikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Muhammad Samsudin di sela pendidikan dan pelatihan guru bimbingan dan konseling di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Yogyakarta, Selasa (25/5/2010).
Apa yang dilakukan pada akhirnya lebih kepada hal-hal administratif, sampai timbul anggapan bahwa guru BK adalah galak.
-- Muhammad Samsudin

"Apa yang dilakukan pada akhirnya lebih kepada hal-hal administratif. Bahkan, sampai timbul anggapan di kalangan siswa bahwa guru bimbingan dan konseling adalah orang yang galak dan hanya menangani siswa nakal," ujar Samsudin.

Padahal, kata dia, guru bimbingan dan konseling tidak selalu berhubungan dengan kenakalan siswa. Guru bimbingan dan konseling dapat dijadikan tempat untuk pengembangan diri siswa.

"Dengan demikian, guru bimbingan dan konseling tidak sekadar mengatasi masalah, tetapi juga berfungsi sebagai tempat untuk pengembangan diri siswa seperti konsultasi pendidikan dan karier," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar