Selasa, 20 April 2010

AKMAL SUTJA


Drs. Akmal Sutja, MPd. adalah staf pengajar pada FKIP Universitas Jambi. Ia lahir tahun 1959 di Padang Panjang Sumatera Barat. SD ia tamatkan di desanya Batipuh 1971, MTs 1974 dan MAN 1977. Memiliki D-II PPKn 1980 dan menyelesaikan S-1 jurusan PMP/IKN UNP tahun 1983, dan memperoleh gelar Magister Pendidikan dari UPI 1989 jurusan Bimbingan Penyuluhan.
Kegemaran menulis telah ia perlihat semenjak lama. Semasa masih mahasiswa ia pernah menjadi redaksi koran kampus, dan menulis di banyak media, koran Singgalang, Suara Karya dan majalah psikolgi Anda. Tulisannya pernah meraih Juara Pertama dalam lomba Karya Ilmiah Sumpah Pemuda UNP tahun 1981.
Dengan pengalaman jurnalistik serta memperoleh pendidikan tambahan dalam Bimbingan Konseling, disamping PPKn, telah membuat ia mampu menulis Budi Perkerti ini dengan bahasa populer dan menjadi enak di baca.
Disamping menulis buku ini, bukunya yang telah dipublikasikan Sekitar Garuda Pancasila"CV Angkasa Bandung tahun 1986. Humas suatu Pengantar Jambi: Jurusan IPS. Bigrafi Rektor Unja ke-2, SB Samad: Anak Guru Sekolah Rakyat (CV Angkasa Bandung tahun 1996. Memahami Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Anak tahun 2002 dan Panduan Penulisan Skripsi tahun 2005.
Dalam bidang organisasi, mantan Pembantu Dekan I FKIP ini, telah mempelopori berdirinya organisasi Alumni UNP di Jambi. Mempelopori dan menjabat Ketua PENGDA ABKIN 1993-1998. Mendirikan menjabat Dewan pembina HOT Jambi 2002 -sekarang.
Sekarang Bapak yang telah dikarunia 2 pasang anak ini, Uut, Tia, Ryan dan Ikrar dari perkawinannya dengan Guru SMA 5 Jambi, Elizeta, SPd, tercatat sebagai dosen pada program Ekstensi BK FKIP Univ. Jambi disamping Kepala Unit Layanan Bimbingan Konseling (UPBK) Univ. Jambi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar